Tips Kerja Sampingan Dimasa Pendemi corona

TIPS SUKSES KERJA SAMPINGAN DIMASA PANDEMI CORONA
 NINING PERTIWI
MBS 2F
Adanya pandemic virus corona atau covid 19 ini,tak sedikit pekerja yang terkena dampaknya. Bukan hanya gaji dipotong hingga setengahh saja,tapi ada juga pekerja yang terpaksa dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) Oleh perusahaannya. Ini tentunya memuat mereka tak lagi memiliki penghasilan.
Disituasi seperti ini, mencari dan mendapatkan pekerjaan baru berpeluang sangat kecil. Sebab, banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet, sehingga perusahaan menghentikan perekrutan karyawan baru untuk sementara waktu hingga pandemi covid 19 usai.
Akan tetapi,dengan kerja sampingan seperti menjadi freelancer atau menekuni bisnis kecil kecilan merupakan solussi yang sangat tepat. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemic covid 19.
Bahkan, tak sedikit dari bisnis yang tadinya kecil bisa memberikan cuan yang sangat besar. Lalu bagaimana caranya biar kerja sampingan ditengah pandemic covid 19 ini tetap cuan alias untung? Simak beberapa tipsnya berikut ini yang telah cermati.com rangkum dari berbagai sumber.
Tips bagaimana memilih pekerjaan sampingan sampingan ditengah pandemi corona :

pilih kerja sampingan sesuai  passion
Banyak kerja sampingan bisa dijalankan untuk menghasilkan penghasilan.Namun, Janganlah sembarangan memilih kerja sampingan karena hasilnya nanti tidak akan maksimal.Untuk itu, agar hasilnya bisa memuaskan,pilihlah kerja sampingan yang benar benar sesuai dengan passion alias dibidang yang anda sukai.
Misalnya saja,suka menulis jadilah penulis lepas,bagi yang suka dibidang seni tak ada salanya menjual lukisan atau menerima jasa desain. Selain itu,bagi yang suka masak bisa mencoba jual makanan dan lainnya.
Dapatkan lowker freelancer di situs terpercaya
Bagi yang ingin mencoba sebagai freelancer, anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan disitus situs karier terpercaya. Mulai dari freelancer Indonesia sribulancer,project,upwork,problogger,linkedlin,dan sebagainya.
Pilih bisnis sesuai bujet
jika passion anda adalah dibidang bisnis,jangan ragu untuk memulainya. Jalankan bisnis yang Anda sukai, apakah suka dikuliner,pakaian,aksesoris,dan lainnya. Pilihlah isnis yang bisa dijalankan dengan bujet minim atau bahkan tanpa modal sekalipun seperti menjadi dropshipper.
Gunakan tabungan atau asset yang ada sebagai modal usaha.jika Anda tak punya modal tak perlu bersedih,coba pinjam uang keanggota keluarga,atau mengajukan pinjaman kebank,atau lembaga keuangan.
Jangan lupa,pilih pinjaman berbunga rendah.
asah keahlian dan berani inovasi
Jangan mudah berpuas diri jika sudah mendapatkan penghasilan. Sebaiknya asah terusa yang Anda miliki agar hasil kerja sampingan yang dijalankan bisa mengalami peningkatan. Selain itu,jangan ragu untuk melakukan inovasi. Dengan begitu,produk dari kerja sampingan akan lebih menarik dan tentunya berbeda dengan yang lainnya,sehingga akan banyak pekanggan yang menyukainya.
Maksimalkan social media untuk promosi.
Agar kerja sampingan bisa dikenal banyak orang jangan malu untuk unggah hasil kerja Anda, baik itu hasil tulisan,hasil desain,hasil produk dan lainnya.ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu promosi yang anda lakukan.m
Maksimalkan penggunaan social media seperti facebook,dan instagram dengan manfaatkan masing masing fitur yang tersedia agar promosi bisa berhasil menarik perhatian orang.dengan begitu,orang akan memakai jasa atau membeli produk bisnis Anda.

Jenis Kerja Sampingan yang bisa anda coba di pandemi Corona ini  :
Berbagai macam kuliner
Apabila jago masak dan hasil masaknnya lezat,yuk coba menjual berbagai macam kuliner.misalnya saja,dinsum,risole,pisang nugget dan masih banyak lainnya.anda bisa berjualan lewat instagram,facebook,go food,grab food.
Menjual masker kain
Mengingat sekarang ini msker kain sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia sebagai pencegah diri dari virus corona,maka anda bisa memproduksi bahan kain ini dengan bahan katun dan bahan scuba.
Menjual kerajianan tangan
Hasil kerajianan tanngan juga bisa mengasilkan keuangan yang lumayan.kerajinan tangan ini bisa berasal dari bahan baru atau juga barang kecil seperti Koran dan sebagianya.
Jual parsel sembako
Anda juga bisa mencoba jual parsel yang berisikan sembako mulai dari beras,minyak,gula,kopi,mie instan,ikan sarden kaleng dan lainnya.
Tak semua orang tua paham dengan pelajaran tertentu seperti matematika,bahasa inggris,biologi,kimia,fisika dan lainnya.untuk itu menjadi guru les online bisa dilakukan.anda bisa mengandakan video call lewat whatsapp,zoom,meet,dan lain lainnya.
Itulah beberapa tips-tips dan peluang usaha yang anda bisa coba agar waktu anda jadi lebih produktif.
Jangan hanya karna dirumah saja, Anda jadi malas.lebih baik manfaatkan waktu dengan lebih produktif yang bisa menghasilkan uang,yaitu kerja samping dengan jadi freelancer atau bisnis. Siapa tau ,dari usaha kecil yang dilakukan sekarang,suatu hari nanti bisa berkembang dengan meraup omzet besar.
Jangan lupa,penting juga untuk selalu mengatur penghasilan dari kerja sampingan yang dijalankan dengan baik dan benar. Dengan begitu anda akan tetap bekerja menghasilkan uang dan keuangan akan aman.